Senin, 06 April 2015

ZERMATT - GONERGART

ZERMATT - GONERGART DAY#2

Selamat pagi.... hmmm badan terasa hangat walau diluar pasti dingin sekali, ini hari kedua kami berada di dataran tinggi Zermatt  Swiss.. Waaah.... waaah... terkejut dan suprise banget..selama ini hanya melihat di film-film ketika pagi hari membuka jendala turun salju.......dan sekarang saya mengalaminya.... dengan mata masih dikucek-kucek, membuka gorden terlihat salju masih turun rintik-rintik, halaman, pohon-pohon dan atap atap rumah serta gunung-gunung telah berwarna putih tertutup salju. Berarti semalam hujan salju cukup deras sehingga, menutup semua area menjadi putih....senang ... riang yang saya rasakan. Pengen lari keluar hotel langsung main salju.. tapi pasti malu sekali yach...xixixi.
Suami saya masih tidur merungkel kedinginan kali yach... saya bangunin untuk segera melihat kejendela, pemandangan yang belom pernah kita lihat, semua putih, pohon-pohon yang tidak berdaun di tutupi salju.
Hari ini jadwal acara kami adalah menuju puncak penggunungan yang ada di Zermatt yaitu bernama Gonergardt, untuk itu kami harus segera siap-siap dari pagi hari supaya tidak membuang-buang waktu, karena sore hari kami harus kembali ke Lucern.

Setalah berkemas dan kami langsung menuju ruang sarapan yang telah di sediakan, yach gitulah sarapan ala eropa .. roti dan susu  ... hiks..hiks.. nga nendang. pengen makan indomie aja. Kami langsung check out hotel, semoga cuaca bersahabat sehingga penggunungan di atas bisa kelihatan cerah dan terang, rada khawatir cuaca belakang hari ini cukup parah, dimana badai salju ringan mulai turun dan berkabut, sehingga menutupi pemandangan dan agak sulit untuk berfoto-foto mengambil pemandangan yang bagus.

nich selfie dengan jendala kamar ... hamparan salju yang menutupi halaman.
pemandangan di depan hotel kami...

Sekita pukul 8 pagi kami jalan kaki menuju stasiun kereta di Gornergrat Bahn yang bersebelahan dengan stasiun kereta Zermatt Bahn, Stasiun kereta Gornetgrat ini keretanya  menuju puncak pengunungan Gornergrat, disana lah posisi yang paling pass untuk melihat pengunungan yang terkenal  Matterhorn  Mountain. (Gunung yang berbentuk runcing segitiga, yang di pake ikon oleh produk coklat terkenal tobleron). Perjalanan dari stasiun menuju Gornegrat kurang lebih 30 menit, waah cukup ramai sekali saat ini, banyak orang pada mau bermain ski. jujur baru kali ini saya lihat properti orang maen ski, liat sepatunya yang gemuk dan kayaknya berat, dan baju yang cukup tebal membuat saya berpikir, ribet juga kayakna sama propertinya belom bawa papan dan tongkat selancar ski, tapi banyak anak-anak kecil dan remaja nampaknya gembira dan tidak sabar menuju spot peluncuran untuk bermain ski.

riuh dan ramai dalam kereta orang-orang yang akan bermain ski.

Berhubung saya tidak main ski. maka saya duduk manis aja di kereta memandang sekiling perjalanan kereta dimana bukit dan rumah-rumah tertutup salju, wah bener-bener terpukau sekali saya. Nampak kami berkunjung di bulan-bulan yang saljunya masih cukup tinggi dan masih juga turun salju yang relatif sering, dalam perjalan ini aja kami mencapai puncak Gornergrat disambut oleh hujan salju, begitu kereta berhenti kami berlari-lari kecil menuju sebuah pondok untuk berteduh dari turunnya salju yang agak deras.

lucu yach si kecil memakai baju lengkap untuk berski...

setibanya di puncak Gornergrat, salju terus menerus turun sehingga udara benar-benar menusuk ke badan dan muka terasa perih, tapi ini tidak menjadi penghalanng kami untuk tetap foto-foto, sayang banget sudah jauh nga ngambil gambar disini, sayangnya karena kabut turun pemandangan gunung Matterhornsnya sedikit sekali kelihatanya, karena tertutup kabut.

ada yang norak ... pengen ngerasain tiduran di salju
Dengan gagahnya kami berdua keluar dari pondok yang hangat dan mulai jalan-jalan diatas salju sambil kedinginan hahahaha... tapi nga lah kami kuat kok, makana saya aja berani tidur-tiduran diatas salju, uda kayak orang super norak.

Oh yach mengenai  kereta Gornergrat ini ada 2 jenis yang biasa dan kereta panoramic, yang panoramic keretanya dikeliling kaca-kaca yang lebar, sehingga lebih puas melihat pemandangan, sedangkan kereta biasa, hanya jendela kacanya berukuran biasa, tapi cukuplah untuk foto-foto mah, saya naek kereta yang biasa aja, ini aja tiketnya lumayan banget harganya, tapi masih lebih murah dibanding dengan harga tiket ke JoungFrou. Informasi harga tiket dan jam keberangkatan bisa dicari disini Gornergrat Bahn Railway

The Observation Platform

Diatas Gornergrat ini ada gedung pengamatan cuaca The Observation Platform dan Restoran 3100 Kulmhotel Gornergrat, tapi berhubung salju masih sering turun sehingga menutupi teras area restoran, maka restoran ditutup untuk sementara. Setelah puas foto-foto, dengan cara keluar masuk gedung untuk menghangatkan diri, lalu keluar lagi untuk foto, kalo terus diluar foto dan jalan rasanya kok jadi beku. Hebat dan salut sama yang terbiasa tinggal di salju dan pada maen ski. Maklum ndeso kami terbiasa di udara hangat dan panas-panasan..

Sangat-sangat berkesan dan menyenangkan bermain salju, setelah puas kami kembali ke stasiun untuk kembali ke Zermatt, dan perut sudah mulai keroncongan lapar, cape juga bermain salju dan jalan diatas salju yang cukup licin dan berat. Soal baju yach so pasti kami pake baju berlapis lapis dan sepatu yang kets biasa, nga pake sepatu khusus salju. maklum nge trip ngasal dan seruan berdua, yach asik-asik aja dengan segala kondisi dan apa adanya.

Setealah tiba di Zermatt kami pun berjalan ke arah  stasiun Zermatt Bahn, kami menunggu kereta sekitar 5 menit untuk kembali ke Lucern melalui Interlaken, yach kami ingin mampir sebentar di kota Interlaken (baca disini tentang kami di Interlaken)

Yuks liat foto-foto d Gornergart Zermat.

sayang gunung Matterhornsnya tertutup kabut dan salju

maklum kita pada norak sama salju

yang lagi pada sibuk persiapan mau maen ski

nah itu kereta ke Gornetgrat ada 2 jenis kereta yang 1 kereta panoramic.. jadi semuanya dikelilingi kaca

The Observation Platform ...tertutup kabut hujan salju

maksa banget walau hujan salju tetep foto-foto

salah satu stasiun pemberhentian.. mungkin kali lagi nga saljunya tinggi bisa turun dan jalan-jalan disini
tetep semangat para pemain-pemain ski .. makin deres makin seru kayakna
dalem banget khan saljunya

ada yang coba nga pake jaket... hahaha tahan cuma 2 minit.. cuus langsung brerrerr kedinginan