Minggu, 12 April 2015

KUTNA HORA _ CZEH REPUBLIC

Saint Barbara's Chuch

Setelah cukup istirahat setelah kemarin perjalanan menggunakan Bis dari Vienna ke Praha, maka pagi ini kami memutuskan untuk melakukan kunjungan kesuatu lokasi wisata yg berada di luar kota praha sekitar 1 jam dari kota praha yaitu kota Kutna Hora.

Dengan rasa percaya diri kami memulai perjalanan menaiki kereta Metro nya Praha menuju stasiun ...Haje yang berada di jalur merah. Metro di Praha terbagi atas 3 line yaitu : Merah, Hijau dan Kuning.  Dengan bermodal petunjuk seadanya yang saya dapat dari tripadvisor dan direction map google yang sudah saya screenshots. Setibanya distasiun Haje saya mulai mencari lokasi terminal bis yg menurut petunjuk berada di dekat stasiun..dan ternyata benar..wuiiiih menghela nafas lega.. kami mulai mencari nomor bis,  dan akhirnya ketemu. Setelah ikut antri dan bertanya apakah bis ini akan ke Kutna Horra...hmmm mereka nga ada yang jawab..karena nga bisa bahasa inggris..waduuh..akhirnya kami naik ke bus dan memberi capture di hp yg menunjukan bahwa kami mau ke Kutna Horra.. sopir bus juga nga bisa bahasa inggris.. akhirnya dia dengan bahasa yg nga jelas juga..meng infokan bahwa bis ke kutna hora baru jalan nanti jam 12.. waaah masih lama banget. ada juga alternatif menggunakan bus dari Terminal Florenc, tapi berhubung kami memperhitungkan waktu dan belum mempelajari lokasi tersebut dengan baik, jadi kami rada takut tersasar juga sich, padahal kalau traveler sejati harus berani melawan rasa takut nyasar yach hehehhe... waaah saya belom seberani itu dech masih pengen zona aman juga.

Akhirnya kami turun dari bis dan bengong..hehehe mau jadi ke kutna horra atau dibatalkan saja..waktu menunjukan pukul 9 pagi..akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke penginapan.  Setibanya di penginapan kami bertanya ke penjaga hotel kalau kita mau ke Kutna Hora.. akhirnya di infokan ada tour lokal Pragueexperience  yang ada tujuan kesana.. dan kami akhirnya memutuskan untuk ikut tour tersebut dengan biaya tour 990 ck per orang

Penjaga hotel membantu untuk di bookingkan .. dan disampaikan bahwa kami nanti akan di jemput sama mobil tournya untuk berkumpul dan gabung dengan peserta lainnya. Tour Kutna Horra ini akan mengunjungi tempat : Bone Church...

Setelah 1,5 jam perjalanan ke Kutna Hora, akhirnya kami tiba di loaksi pertama Bone Church. Lokasi pertama yang kami kunjungi.

SEDLEC OSSUARY atau THE BONE CHURCH


Welcome The Bone Church

Sedlec Ossuary atau lebih dikenal dengan Bone Church adalah sebuah Chapel Katolik yang didalam gereja tersebut memiliki 40.000 ribuan  tengkorak manusia. Tengkorak manusia ini berasal dari adanya wabah penyakit pada tahun 1318 masa perang Hussite, dan di kubur disekitar Chapel. Pada tahun 1870  kuburan tersebut digali dan tulang-tulang tengkorak manusia ini pindahkan kedalam Chapel dan disusun seperti piramid dan hiasan dinding chapel. Dekorasi tengkorak ini di buat oleh seorang pendeta rada buta  František Rint of Česká Skalice, hmmm ngeri juga yach membayangkan mereka mematah-matahkan tengorak dan menyusun menjadi sebuah dekorasi piramida, dan bentuk bentuk seperti mahkota, lonceng dll.

Tengkorak Kepala yang meninggal secara ekstrim...
Didalam Chapel ini juga ada etalase yang menyimpan tengkorak-tengkorak manusia yang matinya terlihat ekstrim, dimana terlihat dari tengkorak kepalanya terdapat lobang bekas tembakan, atau tebasan benda tajam yang mengakibatkan tengkorak terbelah.hmmm ngeri yach.....

Awalnya masuk ke sini, saya merasa takut dan merinding, tapi lama-lama perasaan itu hilang karena banyaknya turis yang datang membuat rasa takut dan ngeri itu hilang. yach memang Bone Church cukup ramai dikunjugi oleh wisatawan yang penasaran karena uniknya bangunan gereja berserta isinya dan ini lah alasan saya pingin ke Kutna Horra.



Tulang belulang yang disusun berbagai design... piramida, mahkota, tempat lilin

Setelah selesai di The Bone Church, kami melanjutkan ke lokasi wisata yang lain yang berada di Kutna Horra seperti Church of James dan Church St Barbara.
Berhenti di Church of James kami memasuki tanpa membayar tiket masuk karena sudah termasuk dalam paket tour, apabila masuk sendiri dikenakan biaya masuk atau dapat membeli tiket pass sebesar 185 ck untuk beberapa lokasi wisata sekitar Kutna Horra termasuk dengan Sedlec Ossuary/The Bone Church. 


St. Barbara's Church, Kutná Hora


Saint Of Barabara Church 

Saya pernah ke wilayah Eropa Barat dimana gereja  yang berada Eropa Barat cenderung Clasic dibanding di wilayah Eropa Timur, seperti Church St Barabara bangunan cenederung klasik dan gotich, dimana ornnamen dan sudut hiasan gereja mengandung unsur warna bata yang kehitam-hitaman mempunyai ciri khas tersendiri dan unique. Berdasarkan Informasi gereja Saint Barbara's church dibangun pada tahun 1388 bergaya roman catholic cathedral, dan bentuk bangunan hampir menyerupai dengan bangunan gereja St. Vitus Catheral di kota Praha.

Setelah selesai melihat ruang dalam gereja, kami diajak menyusuri pingiran lembah yang menyajikan pemandangan rumah-rumah serta gereja-gereja kecil disekitarnya sampai menuju pusat kota atau alun alunnya Kutna Hora. Bangunan rumah di Praha memiliki keunikan dimana setiap rumah memiliki dua nomor rumah... apa yach maksudnya..

Lumayan juga ternyata menyusuri kota kecil Kutna Hora ini, dimana dahulu kala kota ini adalah pusat pertambangan besar, dan ada museum pertambangan serta rumah orang kaya dulu pada saat jaya-jayanya pertambangan di Kutna Hora. Sekarang rumah tersebut sudah menjadi museum.


Gothic Stone Fountain 

Gothic Stone Fountain


Air Mancur batu gotich yang ber ada di Alun alun Rejsek Kutna Hora di bangun pada tahun 1493 oleh Arsitek Matej Rejsek (yang juga bekerja pada gereja St. Barbara dan adalah seorang pengarang di kota Praha). 

Air mancur bersisi dua belas luar biasa besar, empat meter dan awal atapnya berbentuk heksagonal. Air mancur ini memasok air ke Kutna Hora ketika lokal pasukan air terputus karena pertambangan perak di daerah sekitanya. Air dibawa masuk melalui pipa kayu dari sumur yang berjarak empat kilometer jaunhya. Air mancur akan menyala indah setelah gelap pada jaman dahulu.

Puas diajak jalan kaki keliling kota kecil ini dan melihat ke unique khan dari kota Kutna Hora... kaki saya mulai berasa lumayan pegel juga, akhirnya dikasih istirahat...yach dimanfaatkanlah untuk jajan ... ada warung sushi..beli shushi buat ganjel perut sampai balik ke kota Praha.


Saran saya lebih baik menggunakan Tour lokal untuk menuju Kutna Hora, setelah tiba disana yaaa ampun kayaknya susah banget kendaraan umum, bakalan jalan-jalan bermodal kaki banget untuk ke lokasi wisata yang lain dimana jaraknya diantaranya lumaya jauh, karena bus umum jarang ada yang lewat, jedanya terlalu lama.

Suami saya bialang waaaah bisa nangis kita kalau jalan sendiri kesini, udah susah kendaraan menuju Kutna Hora, didalam kotanya juga tidak ada transportasi umum...kotanya relatif sepi... apa karena hari libur yach... Tapi Kutna Hora bolehlah untuk dikunjungi kalau anda melakukan perjalanan ke Praha karena Unique dan eksentrik.




Foto-Foto di Kutna Hora  


sisi dalam Ossuary

bergaya diantara tulang belulang


mumpung ada yang fotoin jadi bisa foto berdua

salah satu bangunan tua di Kutna Hora


Didepan The Bone Church... tampak biasanya aja gereja kecil...


sisi lembah St. Barbara

jalan-jalan di sudut perkotaan... banyak cafe-cafe

tampak menara gereja lainnya


museum pertambangan...



St. barbara Church dilihat dari jauuuh.



Gothic Stone Fountain...

gereja kecil di tengah kota Kutna Hora





Tidak ada komentar:

Posting Komentar