Jumat, 10 April 2015

BUDAPEST ala Entin & Condro

Gedung Parlemen diambil dari Fisherman's Bastion
Setelah berembuk dengan seriusnya, akhirnya untuk ke Budapest memutuskan untuk ambil tour 1 day aja, dari pada kita moving menuju kesana, yang mana menurut kami agak merepotkan karena kami harus ke Praha yang realtif juga lebih dekat jarak tempuhnya dari Viena maka karena permasalahan waktu yang harus diperhitungkan kita putuskan untuk Budapest kami mengambil City Tour saja. Dari Vienna kami mencari One Day Tour Budapest, alhamdulilah ternyata ada, akhirnya kami mendaftar gabung dalam paket tour yang harganya 109 euro per orang (lumayaaan yach tapi masih lebih hemat dibanding kami harus pindah hotel kesana). Tour berkumpul pagi hari jam 6 di depan State Opera House Vienna (kebayangkan dingin-dingin pagi pagi uda harus jalan). Perjalanan Vienna Budapest memakan waktu kurang lebih 3 jam.  Jadi sekitar jam 10 kami sudah sampai point pertama yaitu Heroes Square.

HEROES  SQUARE



Square ini bangun pada tahun 1896, sebagai gerbang masuk ke Taman Kota, Square ini adalah Square terbesar di Budapest yang berbentuk lingkaran dan di tengahnya terdapat tokoh patung perjuangan Hungaria. Sekitar Heroes Square terdapat 2 Museum yaitu Museum Art Gallery dan Fine Art, dan tidak jauh dari lokasi ini juga terdapat sebuah Castle yaitu Vajdahunjad Castle dan  Budapest Zoo.

Tournya ini adalah tour bebas jadi mereka hanya akan mengantar kita ke spot-spot penting dan memberikan kita kebebasan waktu, tapi tetap di beri time limit. Ditempat ini kita diberi waktu 30 menit, pendek yach... memang sich, tapi kalo lama-lama juga bingung paling kita mau foto-foto aja khan hehehe.

tapi disini juga kita diajak kumpul disebuah restoran elit, waduh bisa kantong bobol nich, tapi nga masalah kita coba aja makana khas Budapest. Yang nga mau makan juga tidak apa-apa. berhubung sudah jam makan siang ya sudahlah kita coba order aja nih makananya... nga tau namanya... apa lagi rasanya ... nga jelas... enakkan mie ayam.. xixixixi


tampilannya oke ... rasanya nga jelas.... harganya jgn tanya... mules xixixixi



nah itu tuch nama restorannya... bacanya aja bingung yach


mejeng dong di Heroes Square.....

FISHERMAN'S BASTION & MATHIAS CHURCH


Fisherman's bastion
Alhamdulilah cuaca cukup cerah untuk jalan-jalan di Budapest ini, perjalanan dilanjutkan menuju sebuah kastil yang mirip dengan istana - istana dalam negeri dongeng, dimana bangunan runcing runcing ditengah-tengah ada satria berkuda atau patung perunggu raja Stephen hasil karya Alajos Strobl pada tahun 1906. Wilayah ini disebut juga dengan Castle Hill, dimana banyak bangunan Castle dan gereja-gereje diatas bukit, salah satunya adalah Fisherman's Bastion

Fisherman's Bastion adalah Benteng Nelayan yang megah, konon ini dulunya adalah sebuah pasar ikan diabad pertengahan. Bangunan ini bergaya NeoRomanesque dan  bercampur gaya Neo Gothic yang dirancang oleh Frigyes Schulek.

Dari lokasi Fisherman's Bastion ini kita dapat melihat sebagian kota Budapest atas karena lokasi ini berada diatas bukit. Jadi manfaatkan untuk mengambil foto keindahan panoram kota Budapest dari atas bukit terutama gedung parlemen yang berada di seberang sungai berdiri megah dan indah. 
bangunannya seperti istana dalam negeri dongeng
pemandagan dari atas bukit Fisherman's Bastion
berlatar belakang gedung parlemen

Disekitar Fisherman's Bastion terdapat juga gereja yang cukup unik bentuknya yaitu Mathias Church, unik karena warna genteng yang merah kehijau-hijauan.

Mathias Church



HOLOCOUST SHOES MEMORIAL


 bersama sepatu-sepatu dipinggir sungai Danube


Akhirnya tour sehari ini memberi free time sekitar 2 jam, maka saya manfaatin bener untuk mencari lokasi Holocoust Shoes Memorial, memang terkesan biasa aja, entah kenapa bagi saya ini sesuatu yang unik, dan kayaknya pengen banget untuk kesana. Kalau melalui Tour pasti tidak diajak kelokasi seperti ini karena ini bukan suatu ikon besar.

Holocoust Shoes Memorial adalah hanya sepatu sepatu yang terbuat dari besi yang berada  berjejer di pinggir sungai Danube, Konon cerita kenapa ada sepatu berjejer di tepi sungai ini, bermula dan terjadi pada perang dunia ke II, dimana orang - orang Yahudi diminta untuk melepas sepatu mereka di tepi sungai Danube dan kemudian mereka ditembaki, dimana tubuh-tubuh mereka jatuh kedalam dan terbawa arus sungai Danube.

Sepatu hitam terbuat dari besi yang menempel di pinggir sungai Danube merupakan bentuk peringatan mengenang peristiwa tragis tersebut.

Lokasi Holocoust Shoes Memorial berada tidak jauh dari Chain Bridge.


sepatu-sepatu besi .....


ada yang mau nyobain sepatu besi...
CHAIN BRIDGE


ada beberapa sebutan untuk Jembatan ini ada yang menyebutnya Chain Bridge ada juga yang menyebutnya  Széchenyi  Bridge,  jembatan ini dibuat kembali pada tahun 1949 setelah mengalami kerusakan akibat perang dunia keII, Jembatan ini dirancang oleh Istvan Széchenyi dan William Tierney Clark. Jempatan ini sebagai merupakan jembatan termegah dan daya tarik wisatawan dimana berdiri diatas sungai Danube.



Foto Foto BUDAPEST

Synagoge tempat beribadat umat yahudi

hei... anak kecil kamu jangan ambil sepatu yach

biar saya aja yang ngambil.... nga ada yang liat khan....
Chain Bridge


tetep pengen ada foto loncat ...xixixixi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar