Sabtu, 04 April 2015

ZERMATT SWISS

salju dipagi hari sekitar hotel di Zermatt
ZERMATT - DAY #1

Perjalanan ke Zermatt ini  diluar rencana banget dan nga ada didalam daftar perjalanan kami, semula kami memilih JoungFraou untuk kami melihat salju, nga tau kenapa kami belok ke Zermatt. Menuju Zermatt atau Joungfrou dapat melalui Lucern dan Interlaken, umumnya wisatawan melalui dua kota ini, karena sekalian berkunjung untuk menikmati pemandang yang cukup indah dan terkenal terutama Lucern yang merupakan salah satu kota wisata yang wajib dikunjungi.

Menuju Zermatt dari Zurich :
Zurich Hbf - Lucern Hbf  (47mnt) = 21 euro
Lucern Hbf  - Interlaken Ost  (1 hr 49mn) = 25 euro
Interlaken Ost/west-spiez (17mn), Spiez - Visp (26mn), Visp - Zermatt (1hr 04mn)  = 26 euro
atau Zurich - Visp (2hr), Visp - Zermatt (1hr04mn) =  70 euro
berhubung kami sudah memiliki swiss pass, jadi kami sudah tidak perlu membayar per satuan perjalanan
tersebut.

hmmm nga mungkin tidur khan kalau sepanjang perjalanan pemandangannya kayak ini

Setelah makan siang dan menyimpan ransel besar di hotel Ibbis Lucern dan kami hanya membawa ransel kecil dan persiapan peralatan untuk 2 malam saja, Kami memang sudah booking Hotel Ibbis Lucern untuk kami bermalam setelah kami kembali dari Zermatt (persiapan kalau balik dari Zermatt akan tiba di Lucern malam hari sehingga tidak kerepotan mencari penginapan).  Kami berlanjut ke Interlaken dan berencana malam ini akan bermalam di Interlaken, kereta mulai bergerak menuju Interlaken. Sepanjang perjalanan ke Lucern- Interlaken, dengan jendela kereta yang lebar lebar maka akan kita lihat pemandangan indahnya alam penggunungan yang tertutup salju abadi. Danau yang luas dikelilingi bukit dan gunung salju. waaah bener indah.. walau untuk kedua kalinya ke wilayah Lucerne saya tetap terpukau akan ke indahan alam negara swiss ini  dimana rumah-rumah kayu yang bertebaran di kaki gunung.

waaaaoooo danaunya keren
Begitu menikmati perjalanan kereta ini, sangat sayang kalau di pake untuk tidur. Tapi boleh juga sich di manfaatkan tidur.. sekalian istirahat. tapi kami memilih menikmati pemandangan selama perjalanan kereta ini. Kami sangat menikmati perjalananan dengan transportasi kereta di negara swiss ini, dengan memanfaatkan Swiss Pass yang sudah kami beli untuk 3 hari selama kami berkunjung ke wilayah negara swiss. Dengan Swiss Pass kita tinggal naek dan turun saja tanpa membeli tiket kereta di loket lagi, dan apabila ada pemeriksaan di atas kereta, maka kita akan menunjukan Swiss pass yang sudah tervalidasi pada saat pertama kedatangan kita di bandara wilayah swiss.

Setibanya di Interlaken kami sambut dengan hujan yang cukup deras, hmmm kebayangkan udara dingin di tambah hujan brrr ...brrr.. karena hujan kami mau menelurusi kota Interlaken jadi kurang mood yach, akhirnya nanya-nanya dan cari informasi dari beberapa temen, coba ke Zermatt, infonya keren kesana karena desa kecil tempat start bermain ski dan tidak ada kendaraan umum hanya ada mobil mini dan gerobak kuda. waaah kayaknya unik nich jadi lebih tertarik kesana, saya langsung masuk ke stasiun Interlaken, biasanya stasiun ada wifi gratis hehehe...dengan melihat dan browsing sebentar aja kami spontan memutuskan untuk lihat saljunya di Zermatt....setelah nanya sama petugas loket kereta Interlaken langsung di kasih kertas kecil jam dan stasiun keberangkatan menuju zermatt... wahh rada pontang-panting ngejar kereta, supaya tidak kemalaman tiba di Zermatt, karena modal nekat kami belom pesan penginapan hahahaha...bisa-bisa tidur distasiun di udara dingin begini....wuiuuuh serem ngebayanginya...

Bukan hal aneh lagi, bagi kami backpackeran merubah atau mengganti schedule perjalanan adalah hal yang biasa, tapi tetap harus dipersiapkan sebaik mungkin terutama untuk penginapan dan perubahan transportasi menuju lokasi, dan perhatikan waktu perubahan apakan mencukupi dalam arti setiba dilokasi yang akan dituju tidak terlalu malam, maklum tetep khawatir keamanan di negara asing kalau kita tiba malam hari belum memilki penginapan atau rencana yang baik.

Perjalanan menuju Zermatt melalui pegunungan yang berbatu...dan sungai-sungai kecil yang jernih

Perjalanan Interlaken Zermatt butuh waktu 2 jam. Interlaken-Spies-Visp-Zermatt. perhatikan gatenya yach karena pindah-pindah stasiun. Perjalanan ke arah Zermatt dari Interlaken sedikit berbeda dimana pengunungan yang dilewati oleh kereta lebih sering melewati pengunungan yang berbatuan dan menanjak.

Tiba Di Zermatt sudah sore sekitar jam 5.30...perutku sudah keroncongan banget karena belom makan siang, terakhir makan pada saat keberangkatan dari Lucern. Tapi kami harus mencari penginapan... waah ternyata di Zermatt ini tempat liburannya orang kaya... ampuuuun dah ... nga ada hotel murah atau hostel... tapi infonya sich ada hostel tapi tetep aja permalamnya setara bintang 3 atau 1 jutaan perorang,  setelah keliling keluar masuk hotel mencari harga yang agak murah. Dan kayaknya nga mungkin dapet semurah-murahnya permalam di hotel kecil harganya 2,8 sd 3 jutaan tweeeeeng. ya uda sambil mengelus dada dan berfikir mengalihkan biaya ke Joungfrou (harga tiket CFH 186,20) yang relatif sama jadi rada adem dech, lagi pula sudah mulai gelap... masa belom dapet penginapan..setelah penginapan beres kami lanjut makan malam ... untung ada restoran halal... kebab lagi...kebab lagi... wiss yang penting halal.

didepan restoran ada tulisan Halalnya

Oh yach salah satu nekat ke Zermatt karena adanya satu gunung yang namanya Motterhorn, Puncak gunung Motterhorn sudah tidak asing lagi karena sering dilihat pada kemasan coklat Toblerone dimana puncak gunungnya menjadi siluet kemasan ini, dan cukup terkenal juga karena gunung ini seolah-olah menjulang sendiri mancung keatas  agak berjauhan dari jajaran pegunungan Alpen. Nah gitu dech ceritanya...

Di Zermatt ini diupayakan bebas polusi, maka angkutan umum, kendaraan yang wira-wiri disana menggunakan kendaraan elektrik dan kuda, dan ukuran nya mini-mini.
mobil-mobil mini ini yang wira wiri kampung Zermatt ... no polusi udara

Kuda juga dipergunakan utk wira-wiri ..

HOTEL ALPINA ZERMATT

mencari hotel yang murmer ditengah hujan salju... waah seruuu banget norakk

hotel kecil ini berada di gang-gang atau di belakang jalan utama di Zermatt, yach karena kalau hotel-hotel dijalan utama sudah pasti mahal. Kita harus blusukan untuk dapetin harga hotel yang rada murah. Hotel Alpina cukup nyaman dan penjaga hotelnya cukup ramah, sehingga kami jadi nga ragu untuk bermalam disini. Harga permalam di hotel ini = 208 Euro. Selain  hari sudah mulai gelap dan diluar sudah mulai hujan salju cukup deras maka kami memutuskan untuk istirahat saja....hmmwuaaaabetapa gembira dan senang  perasaan di hati ini .... karena baru pertama kali melihat salju turun.... senang norak ... pokoke campur aduk dech.

Kamar Hotelnya kecil... harganya muahaal hiks hiks...
tapi kayakna sayang juga yach kalo buru-buru tidur, karena belum jam tidur juga. yach uda kita keluar lagi dari hotel sambil menikmati hujan salju, waaaah bener-bener seneng banget ... pokoknya kalo liat wajahku senyum senang dech....norak...dingin juga tetep senang. Ternyata pertokoan sudah mulai tutup yang buka adalah restoran dan cafe, suasana cool dan romantis banget disetiap cafe... mupeng banget pengen nongkrong di cafe-cafenya... tapi nga lah khan nga enak juga yach masuk nga beli-beli... maklum uda pasti mehong harga-harga makanan dan minumannya... ya sudahlah kita jalan-jalan aja...

Sekitar jam 7 malam akhirnya kami kembali ke hotel, karena badan uda berasa beku dan gemeletuk gigi uda nga berhenti henti...wakakakaka...kayak anak kecil abis mandi air dingin. Buru-buru masuk hotel, karena ruangan hotel menggunakan penghangat, jadi nyess hangat dech begitu masuk hotel.. di kamar juga sudah pasti hangat, tempat tidurnya beralaskan kasur penghangat. jadi tidur nga bakalan kedinginan.. tapi jangan disetel suhu panas banget yach... bisa-bisa kepanasan dan kayak daging pangang loch.  Good Night... tidur dulu yach..

FOTO - FOTO DI KAMPUNG ZERMATT

kembali norak pengen foto di salju ...xixixixi
Halaman  hotel dan pengunungan  tertutup salju di pagi hari

bermain salju dihalaman belakang Hotel

Desa kecil ini cukup ramai dengan Cafe-cafe serta toko dan penyewaan alat-alat ski

Kereta kuda ... sebagai transportasi di Zermatt.. biasanya milik hotel-hotel mewah di sana
nah ini lagi pemeriksaan karcis... jarang-jarang sich... tapi ini tumben ada yang periksa.. nga perlu khawatir karena memang sudah dipersiapkan... jangan nga beli karcis yach... resiko dendanya bisa menguras ongkos perjalanan loch.. dan malu juga lah kita...jadi traveller yang patuh aturan..dijamin nyaman di negeri orang.
kampungnya relatif kecil...jadi foto-fotonya yach gitu-gitu aja yach...

nah ini makanan kita... lumayan lah harganya... di Swiss mah nga ada yang murah... tapi biar hemat pesen makan 1 untuk ber dua .. yach romantiskan... kebab + salad + soft drink

look thats my food step on the snow..xxixixixi